SELAMAT DATANG DI GUDANG ILMU PENGETAHUAN

15 Maret 2014

Proses Rekaman Sampai Mejadi Lagu Yang Kita Dengar


Kategori rekaman itu ada 2:

 1. Live Recording (Konser)
 2. Studio Recording (Track Record) satu per satu instrumen musik direkam

Rekaman Live
   Adalah rekaman dengan semua personil dan di rekam saat itu juga tanpa pengeditan suara. Distorsi suara lain kemungkinan akan masuk dan menghasilkan banyak kebocoran suara, sangat sulit untuk menghasilkan hasil suara yang bersih dari noise atau dari bunyi peralatan lain yang ikut masuk. Contoh seperti konser. Kebocoran suara antara lain microphone drum yang di khususkan untuk mengabil suara drum akan ikut terekam di microphone yang di khususkan untuk merekam suara gitar. Bahkan kadang saat konser bunyi dengung suara microphone pun masuk terekam. Proses rekaman ini tidak jauh beda seperti agan kalo latihan band di studio dan di rekam.

Studio Recording
     Mungkin disini agan baru bertanya, kenapa lagu lagu yang kita dengar dari CD/Kaset/MP3 hasil download gratis  terdegar bersih suaranya tidak ada distorsi dari alat musik atau suara lain? Ya, karena proses studio recording ini di rekam 1 per 1 oleh personil dengan alat musiknya yang dipegang. Maksudnya? Misal agan punya band sendiri, ingin rekaman menginginkan kualitas seperti band yang ber Major Label  Dalam proses ini pertama kita harus buat guide atau panduan terlebih dahulu. Sebuah metronome pun di buat, apa itu metronome?
    Metronome adalah sebuah iringan atau note yang di buat untuk drummer, karena pertama di rekam adalah drummer nya. Apakah harus dari drummer dulu? Tidak, karena bisa dimulai dari mana saja entah itu dari gitar, vokal, keyboard dll. Tergantung dari jenis musik itu sendiri. Hasil rekaman dengan metronome ini nantinya sebagai petunjuk lagu, kapan gitar memainkan, kapan drummer memukul ketukan, dan kapan vokal bernanyi. Pertama drummer di rekam dengan panduan/metronome tadi.
Disini personel masuk satu per satu di studio bergantian merekam sendiri dengan alat musiknya tanpa personil yang lain
 
    Take ke 1 dimulai, dan personil (ane contohin pertama adalah Gitaris) di rekam barulah rekaman tadi bisa diputar-putar ulang terus menerus jika ada kesalahan pun bisa di ulang dari waktu pas dia melakukan kesalahan.
   Take ke 2 direkam oleh personil (Drummer) setelah selesai rekaman bisa di putar ulang dan jika ada kesalahan bisa mengulang lagi.
   Take ke 3 direkam oleh personil (Basis) atau alat musik lainya, prosesnya pun masih sama, jika ada kesalahan bisa di ulang kembali.
   Take ke 3 sang Vokalis (Biasanya Vokalis adalah yang terakhir di take) sang vokalispun mengikuti alunan Gitar, Drummer dan basis yang tadi sebelumnya di rekam.

Mixing & Mastering
    Setelai semua proses take dan part selesai, apa yang kita rekam tadi harus melalui yang namanya proses Mixing atau penggabungan antara suara gitar, bass, drum, vokal menjadi satu lagu, pada tahap ini proses belum selesai, tahap terakhir adalah proses Mastering agar hasil audioya menjadi bagus dan enak untuk kita dengarkan. Proses ini mengatur semua alat musik beserta vokalnya untuk mendapatkan volume atau nada yang sama antara alat musik lain dan juga vokalnya.


Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Proses Rekaman Sampai Mejadi Lagu Yang Kita Dengar
Ditulis Oleh Black Hunter
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar