SELAMAT DATANG DI GUDANG ILMU PENGETAHUAN

15 Maret 2014

Kosakata dalam Bahasa Inggris yang diambil dari Bahasa Indonesia


1.         Japan (Jepang)

      Percaya atau tidak, kata Japan dipercaya berasal dari Indonesia. Ceritanya pada jaman dahulu Marco Polo berlayar menuju Indonesia, nah di negeri ini dia mendengar sebuah wilayah bernama Cipangu (sekarang berubah menjadi jepang) yang penuh dengan emas dan perak. Sepulangnya ke eropa naman negeri ini langsung sangat populer karena sumber dayanya. Sebenarnya kata Cipangu sendiri maksudnya China, namun dalam perjalanannya akhirnya dimiliki oleh Jepang. Btw, di Jepang sendiri mereka menyebut negara mereka dengan sebutan Nippon atau Nihon.

2.         Bamboo (Bambu)

Bambu merupakan tanaman epidemik di Asia, namun bahasa indonesia secara eklusif dapat membuat bahasa inggris mengikutinya.

3.         Cajuput (Kayu Putih)

Kayu putih merupakan tanaman yang hidup di Asia Tenggara dan benua Australia. Cajuput diambil dari kata kayu-put(ih), yang menurut ane malah mirip dengan salah satu merk minyak kayu putih

4.         Ketchup (Kecap)

Kalau yang ini ane nggak yakin mana yang nyerap duluan, gan  namun di sumber (wikipedia) disebutkan begitu, dengan catatan soy sauce lah yang dimaksud.

5.         Durian (Durian)

Siapa yang nggak kenal durian, walaupun nggak semua orang menyukai rasanya atau pun baunya. Buah ini nggak cuma ada di Indonesia, tapi beruntunglah namanya diambil dari Bahasa Indonesia.

6.         Satay (Sate)

Sate merupakan makanan asli Indonesia yang memang sangat populer, bahkan masuk nomer 14 dari makanan paling lezat sedunia menurut polling CNN. Di Belanda sendiri udah diadaptasikan sate ayam ala eropa.

7.         Amok (Amuk)

Sebenernya bukan Amok gan, tapi sebuah frasa yaitu Running Amok yang merupakan frasa dalam bahasa inggris yang artinya ya... gone mad

8.         Sarong (Sarung)

Agan jangan salah, sarung itu bukan milik Indonesia seorang. Sarung telah tersebar digunakan dari sebagian Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, sampai negara-negara kecil di Kepulauan Pasifik. Selain itu sarung juga digunakan di sebagian Afrika dan Brazil

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Kosakata dalam Bahasa Inggris yang diambil dari Bahasa Indonesia
Ditulis Oleh Black Hunter
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar